Rabu, 04 April 2012

LP Visual Basic II

1. Apa yang kamu ketahu tentang statmen kondisi pada Visual Basic dan Tulis Bentuk Umumnya ?
2. Apa yang kamu ketahu tentang statmen perulangan pada Visual Basic dan Tulis Bentuk Umumnya ?
3. Contoh statment kondisi dan perulangan ?

Jawaban
1. PERCABANGAN

Dalam Visual Basic ada beberapa kondisi percabangan yang dapat digunakan seperti IF… THEN, IF…THEN…ELSE, dan SELECT CASE. Kondisi percabangan biasanya dinyatakan dengan menggunakan operator seperti operator sama dengan (=), tidak sama dengan (<>) atau operator-operator perbadingan lainnya ( >, >=, <, <=).

IF....THEN
Percabangan dengan menggunakan If … Then digunakan untuk memilih dua kondisi atau lebih dengan memeriksa syarat pada tiap kondisi, jika syarat pada kondisi 1 benar ( True ) maka maka program akan menjalankan pernyataan 1 jika tidak ( False ) maka program akan memeriksa kondisi 2, jika syarat pada kondisi 2 benar ( True ) maka program akan menjalankan pernyataan 2 jika tidak ( False ) maka program akan memeriksa kondisi berikutnya dan begitu seterusnya hingga kondisi terakhir pada percabangan.

Bentuk Umum
IF kondisi1 THEN
    Pernyatan1
ELSEIF kondisi2 THEN
    Pernyataan2
ELSE
    Pernyatan3
ENDIF

SELECT CASE
Dibandingkan dengan percabangan If … Then, Select Case lebih mudah dibaca dan di debug serta lebih mudah digunakan dalam alur program yang membutuhkan banyak percabangan.

Bentuk umum perabangan select case adalah sebagai berikut :
Select Case Pilihan
Case 1 Pernyataan1 …..
Case 2 Pernyataan2 …..
Case 3 Pernyataan3 ……
End Select


2. PERULANGAN

Dalam pemrograman ada kalanya kita memerlukan perulangan untuk melakukan suatu perintah yang sama untuk beberapa kali. Pada visual basic terdapat beberapa macam struktur kondisi perulangan, diantaranya adalah Do … Loop dan For … Next. Untuk lebih jelasnya berikut adalah macam – macam bentuk perulangan dalam visual basic :

Do While … Loop
Kata while dalam pernyataan Do While merintahkan program untuk melakukan perulangan apabila kondisi persyaratan masih bernilai True. Apabila kondisi persyaratan bernilai False maka program akan keluar dari perulangan dan berpindah ke kode program berikutnya. Bentuk sintaks perulangan Do While adalah :

Do While Kondisi
Pernyataan
…..
Loop

Sintaks di atas adalah bentuk Do While dimana kondisi akhir perulangan terletak di awal sedangkan bentuk Do While yang letak kondisi akhirnya di akhir adalah sebagai berikut :

Do
Pernyataan
……
Loop While Kondisi

Do Until … Loop
Pada dasarnya, perulangan DO Until sama dengan perulangan DO While. Yang membedakannya adalah pada perulangan Do While perulangan akan terus berjalan selama kondisi bernilai True dan akan berhenti jika kondisi bernilai False sedangkan pada perulangan Do Until perulangan akan terus berjalan apabila kondisi bernilai salah dan akan brhenti jika kondisi bernilai True. Sintaks dari perulangan Do Until adalah :
Do Until Kondisi
Pernyataan
…..
Loop
Perulangan Do Until juga memiliki bentuk sintaks yang lain dimana kondisi diletakkan di akhir pernyataan perulangan. Bentuk sintaksnya adalah sebagai berikut :

Do
Pernyataan
……
Loop Until Kondisi

While … Wend
Perulangan While … Wend digunakan saat kita ingin pernyataan pada program dijalankan selama kondisi ekspresi yang di tetapkan masih bernilai True . Sintaks perulangan While Wend adalah :

While Ekspresi
Pernyataan
…..
Wend

For … Next
Perulangan For … Next digunakan untuk melakukan perulangan dengan jumlah tertentu yang kita kehendaki. Kita harus mendeklarasikan sebuah variabel yang akan digunakan sebagai indeks untuk perulangan. Sintaks perulangan For … Next adalah :

For Indeks = NilaiAwal To NilaiAkhir
Pernyataan
…..
Next Indeks

3. Contoh Program :
Buatlah 1 teksbox bernama text1 dan 2 command button bernama command1 dan command2.

Program perulangan :
Private Sub Command1_Click()
bil = Val(Text1.Text)

For i = 1 To bil
    For j = 1 To i
        Print j ;
    Next j
       Print
Next i
End Sub


OUTPUT :

Program kondisi :
Private Sub Command2_Click()
bil = Val(Text1.Text)
If bil Mod 2 = 0 Then
    Print "Bilangan Genap"
Else
    Print "Bilangan Ganjil"
End If
End Sub


OUTPUT : 

0 komentar:

Posting Komentar

 
;