Rabu, 28 November 2012

LP COBOL V


1. Apa yang kalian ketahui tetntang menu pad cobol ?
Menu pada cobol adalah semacam tampilan muka yang ada pada output sejenis pilihan misalkan ada menu berjudul  “MENU PROGRAM”, yang dibawahnya terdapat 3 pilihan yaitu 1.perulangan, 2.kondisi, 3.exit, untuk membuat Menu pada Cobol kita bisa menggunakan kondisi, dengan IF, struktur kondisi akan membatasi dalam arti apabila kita memilih masukan pilihan dengan 1 atau 2 atau 3 maka program akan memproses dan menampilkan hanya 1 kondisi, dan tidak menampilkan semua program yang telah terbuat.

2. Statment apa saja untuk membuat menu di cobol ?
Statment yang dapat digunakan untuk menbuat menu adalah statmen KONDISI yaitu IF dan statmen perulangan yaitu GO TO
Contoh :
IF a = 1 GO TO MENU1.
ELSE IF a = 2 GO TO MENU2.

3. Contoh Statment Cobol

       IDENTIFICATION DIVISION.
       PROGRAM-ID. MENU.
       AUTHOR. NOVI LATIFAH.
       ENVIRONMENT DIVISION.
       DATA DIVISION.
       WORKING-STORAGE SECTION.
       01 LUAS SEGITIGA SIKU SIKU.
           02 PANJANG PIC 99V99.
           02 LEBAR PIC 99V99.
           02 LUAS PIC Z(6).99.
       01 SEGITIGA.
           02 ALAS PIC 99V99.
           02 TINGGI PIC 99V99.
           02 LUAS PIC Z(6).99.

       77 TEKAN PIC 99.
       77 PILIH PIC X.

       SCREEN SECTION.
       01 HAPUS-LAYAR.
           02 BLANK SCREEN.
       01 LAYAR-MENU.
           02 LINE 3 COLUMN 20 VALUE  '      <<MENU>>      '.
           02 LINE 6 COLUMN 20 VALUE  'F1. LUAS SEGITIGA SIKU-SIKU'.
           02 LINE 8 COLUMN 20 VALUE  'F2. LUAS SEGITIGA'.
           02 LINE 10 COLUMN 20 VALUE 'ESC SELESAI'.
           02 LINE 20 COLUMN 20 VALUE 'PILIH YANG MANA ? '.
           02 LINE 20 COLUMN 40 PIC X TO PILIH.

       PROCEDURE DIVISION.
       TAMPILKAN-MENU.
           DISPLAY HAPUS-LAYAR.
           MOVE SPACE TO PILIH.
           DISPLAY LAYAR-MENU.
           ACCEPT LAYAR-MENU.
           ACCEPT TEKAN FROM ESCAPE KEY.
           DISPLAY HAPUS-LAYAR.

        SELEKSI-PILIHAN.
           IF TEKAN = 1
              GO TO SELESAI.

           IF TEKAN = 2
              DISPLAY (2,5) 'PANJANG ? '.
              ACCEPT (2, ) PANJANG WITH PROMPT.
              DISPLAY (3,5) 'LEBAR ? '.
              ACCEPT (3, ) LEBAR WITH PROMPT.
              COMPUTE LUAS = 0.5*PANJANG*LEBAR.
              DISPLAY (5,5) 'LUAS SEGITIGA SIKU-SIKU ADALAH = 'LUAS.
              GO TO KEMBALI-KE-MENU.

           IF TEKAN = 3
              DISPLAY (2,5) 'ALAS SEGITIGA ? '.
              ACCEPT (2, ) ALAS WITH PROMPT.
              DISPLAY (3,5) 'TINGGI SEGITIGA ? '.
              ACCEPT (3, ) TINGGI WITH PROMPT.
              COMPUTE LUAS = (ALAS*TINGGI)/2.
              DISPLAY (5,5) 'LUAS SEGITIGA ADALAH = 'LUAS.
              GO TO KEMBALI-KE-MENU.

           IF TEKAN = 4
              DISPLAY (2,5) 'SISI SIKU-SIKU PERTAMA : ? '.
              ACCEPT (2, ) SISI1 WITH PROMPT.
              DISPLAY (3,5) 'SISI SIKU-SIKU KEDUA : ? '.
              ACCEPT (3, ) SISI2 WITH PROMPT.
              COMPUTE SISI-MIRING =(SISI1**2 + SISI2**2)**(1/2).
              DISPLAY (5,5) 'SISI MIRINGNYA ADALAH = 'SISI-MIRING.
              GO TO KEMBALI-KE-MENU.

           ELSE

              GO TO TAMPILKAN-MENU.
       KEMBALI-KE-MENU.
           DISPLAY (20,5) 'TEKAN SEMBARANG UNTUK KEMBALI KE MENU'.
           MOVE SPACE TO PILIH.
           ACCEPT (20, ) PILIH WITH AUTO-SKIP.
           GO TO TAMPILKAN-MENU.

       SELESAI.
           STOP RUN.   

0 komentar:

Posting Komentar

 
;