Selasa, 13 November 2012

Arti Pentingnya Organisasi dan Metode (Soal II)


Soal Essay :

1. Bagaimana cara melatih kemampuan dalam berorganisasi ?
Kemampuan berorganisasi tidak dapat dipelajari hanya dengan membaca teori dari buku atau makalah, akan tetapi kemampuan berorganisasi seseorang akan lebih terbentuk dan terasah dengan sendirinya jika dia langsung terjun ke dalam organisasi atau tim kerja. Seseorang yang telah berpengalaman di berbagai organisasi yang dia ikuti akan mempunyai wawasan yang luas tentang bagaimana cara menjalankan sebuah organisasi.

Oleh karena itu di setiap jenjang pendidikan atau lembaga pendidikan di Indonesia pasti di lingkungan terdapat sebuah wadah organisas, berorganisasi dari para peserta pendidikan.

Kemampuan berorganisasi bisa dibarikan kepada seseorang mulai dia masih anak-anak. Bahkan di bnggu TK ataupun SD para siswa dan siswi dilatih untuk berperan aktif dalam sebuah kegiatan atauorganisasi kesiswaan seperti Pramuka dan OSIS. Pramuka yang ada di lembaga pendidikan formal sengatlah membantu kemandirian dari seorang murid, disamping hal tersebut ikut berperan aktif dalam kegiatan Pramuka dapat memberikan pengalaman organisasi yang tidak dapat diperoleh di bangku kelas. Tidak mengherankan di negara-negara maju, lembaga pendidikan tidak hanya mengandalakan pelajaran di kelas saja akan tetapi juga memaksimalkan kegiatan ekstrakulikuler yang bersifat keorgansasian.

Namun pengertian organisasi bahwa akan sangat bermanfaat bagi masa depan murid-murid di sekolah belum dipahami sepenuhnya. Sehingga di berbagai sekolah terdapat kemungkinan kegiatan berorganisasi hanya dapat menarik sedikit siswa untuk mengikutinya. Cara untuk menarik minat siswa untuk berperan aktif di organisasi sekolah ada banyak jalan. dapat kita membuat sesuatu kegiatan dari organisasi sekolah yang terlihat "wah" dan menyenagkan, tujuannya agar siswa dan siswi bisa menghilangkan pengertian organisasi yang salah dalam pikiran mereka. Berorganisasi itu ribet dan menjenuhkan, itu mungkin anggapan dari sebagian besar siswa siswi yang tidak bergabung dalam sebuah organisasi di sekolah tempat mereka belajar.

2. Fungsi dan Proses Manajemen ?
Dalam manajemen, perencanaan adalah proses mendefinisikan tujuan organisasi, membuat strategi untuk mencapai tujuan itu, dan mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi, manajemen karena tanpa perencanaan fungsi-fungsi lain—pengorganisasian, pengarahan, dan pengontrolan—tak akan dapat berjalan.

Rencana dapat berupa rencana informal atau rencana formal. Rencana informal adalah rencana yang tidak tertulis dan bukan merupakan tujuan bersama anggota suatu organisasi. Sedangkan rencana formal adalah rencana tertulis yang harus dilaksanakan suatu organisasi dalam jangka waktu tertentu. Rencana formal merupakan rencana bersama anggota korporasi, artinya, setiap anggota harus mengetahui dan menjalankan rencana itu. Rencana formal dibuat untuk mengurangi ambiguitas dan menciptakan kesepahaman tentang apa yang harus dilakukan.

3. Pandangan umum organisasi dibagi menjadi 3 bagian, yaitu ?
a. Sebagai wadah –> tempat dimana kegiatan manajemen dijalankan.
b. Sebagai proses –> memperhatikan interaksi/kerja sama antar orang-orang yang menjadi anggota organisasi tersebut :
  • Hub. Formal = hubungan yang ditetapkan secara resmi oleh top manajemen.
  • Hub. Informal = mempunyai 3 peranan, yaitu : Sarana komunikasi, Mengatur jalannya kerja sama, Kebebasan bertindak oleh anggota organisasi tersebut.
c.  Sebagai sistem –> dibagi menjadi 3, yaitu :
  • Sistem sosial (antar sesama manusia)
  • Sistem fungsional (antar fungsi-fungsi yang dikaitkan secara tertentu dan integral untuk tercapainya suatu tujuan)
  • Sistem komunikasi (sistem tata saluran/arus informasi dalam organisasi)

0 komentar:

Posting Komentar

 
;