Jumat, 03 April 2015

LP PHP II



SOAL LP
1. Apa yang kalian ketahui tentang Database ?
2. Bagaimana mengkoneksikan database melalui PHP ?

JAWABAN
 
Database atau basis data adalah kumpulan data yang disimpan secara sistematis di dalam komputer dan dapat diolah atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak (program aplikasi) untuk menghasilkan informasi. Pendefinisian basis data meliputi spesifikasi berupa tipe data, struktur, dan juga batasan-batasan data yang akan disimpan. Basis data merupakan aspek yang sangat penting dalam sistem informasi dimana basis data merupakan gudang penyimpanan data yang akan diolah lebih lanjut. Basis data menjadi penting karena dapat menghidari duplikasi data, hubungan antar data yang tidak jelas, organisasi data, dan juga update yang rumit.

Pembagian database menurut jenisnya:
  • Basis data flat-file. Basis data flat-file ideal untuk data berukuran kecil dan dapat dirubah dengan mudah. Pada dasarnya, mereka tersusun dari sekumpulan string dalam satu atau lebih file yang dapat diurai untuk mendapatkan informasi yang disimpan.
  • Basis data relasional. Basis data ini mempunyai struktur yang lebih logis terkait cara penyimpanan. Kata "relasional" berasal dari kenyataan bahwa tabel-tabel yang berada di basis data dapat dihubungkan satu dengan lainnya. Basis data relasional menggunakan sekumpulan tabel dua dimensi yang masing-masing tabel tersusun atas baris (tupel) dan kolom (atribut). Untuk membuat hubungan antara dua atau lebih tabel, digunakan key (atribut kunci) yaitu primary key di salah satu tabel dan foreign key di tabel yang lain.
PHP dirancang untuk membentuk halaman web yang dinamis, yaitu halaman web yang dapat membentuk suatu tampilan berdasarkan permintaan terkini, seperti menampilkan isi basis data ke halaman web. PHP mendukung banyak database (MySQL, Informix, Oracle, Sybase, Solid, PostgreSQL, Generic ODBC, dll.)
MySQL merupakan database yang pertama kali didukung oleh bahasa pemrograman script untuk internet (PHP dan Perl). MySQL dan PHP dianggap sebagai pasangan software pengembangan amplikasi web yang ideal. MySQL lebih sering digunakan untuk membangun aplikasi berbasis web dan dipadukan dengan bahasa pemrograman script PHP.

Untuk menyambungkan / menghubungkan PHP dengan database MySQL, dapat menggunakan fungsi mysql_connect, berikut contoh penggunaannya :

mysql_connect
Fungsi ini digunakan untuk mengkoneksikan script php dengan database mysql. struktur penulisannya adalah sebagai berikut :
mysql_connect("host database","username database","password database");
sebagai contoh, perhatikan script berikut :
<?php
$host  = "localhost";
$user  = "root"; // sesuai dengan username database anda
$pass = "1234"; //sesuaikan dengan password database anda

$connect = mysql_connect($host, $user, $pass);

//check koneksi
if($connect){
    echo "Koneksi database Berhasil";
}
else{
    echo "Koneksi database GAGAL";
}
?>

0 komentar:

Posting Komentar

 
;