Selasa, 30 Oktober 2012

Arti Pentingnya Organisasi dan Metode (Part II)


TATA CARA KERJA MANAJEMEN
Tata kerja atau metode adalah satu cara bagaimana (how) agar sumber – sumber dan waktu yang tersedia dan amat diperlukan dapat dimanfaatkan dengan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan tepat.
 
Planning (perencanaan)
Cara berpikir, menduga, menentukan priotitas, kegiatan bersifat non fisik dilakukan dalam rangka mengarahkan tujuan dan sasaran organisasi.

Organizing (pengorganisasian)

Proses penyusunan pembagian kerja ke dalam unit kerja dan fungsinya, penempatan orang yang tepat agar pelaksanaan pembagian kerja sesuai dengan perencanaan. Dalam penempatan orang atau staff diharapkan objektif.

Motivating (motivasi)
Proses pembinaan, mendorong semangat dan kerelaan kerja para pegawai, memberikan rangsangan baik bersifat rohaniah atau jasmaniah.

  • Rohaniah : Kenaikan  pangkat,  Pendidikan dan pengembangan karir,  pemberian cuti, penambahan pengalaman, penyelenggaraan human  relation dengan tepat
  • Jasmaniah : Sistem   Upah  gaji   yang   menggairahkan,  Pemberian  tunjangan,  distribusi  sandang   pangan,   penyediaan fasilitas rumah, kendaraan dan jaminan pemeliharaan kesehatan.
Controlling (pengendalian)
Mengadakan pengawasan, penyempurnaan, evaluasi agar tujuan sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan, mengetahui sampai sejauh mana pekerjaan dilaksanakan, seberapa besar sumber daya yang dimanfaatkan. Setelah diketahui kemudian dapat dikoreksi apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Faktor-faktor produksi yang diperlukan antara lain:
  • Manusia atau tenaga kerja (man/man power)
  • Uang atau biaya (money)
  • Bahan-bahan (materials)
  • Mesin dan peralatan (mechines and equipment)
Sumber-sumber di atas menurut George R Terry disebut 6M (the six M’s in management) dengan menambah dua sumber lagi:
  • Tata kerja (method)
  • Pasar (market)
Dalam kegitan manajemen ke-6 sumber diatas mutlak diperlukan tetapi dalam sudut pandang O & M, Methods & Market tidak disebut sebagai sumber. Metode hanyalah cara yang dipergunakan sedangkan market adalah wahana untuk memperluas sasaran kegiatan.

Refrensi :
  • Sukanto dan T Hani Handoko (Organisasi perusahaan)
  • Widyanmini dan Izzati ( Pengantar organisasi dan metode)
  • Wursanti(Dasar-dasar ilmu organisasi)

0 komentar:

Posting Komentar

 
;