Senin, 05 Januari 2015

Virtual Reality

 

Virtual Reality adalah suatu teknologi yang dapat mengizinkan pengguna untuk berinteraksi dengan lingkungan simulasi komputer baik itu berdasarkan objek nyata maupun imajinasi. Dengan manggunakan teknologi Virtual Reality perusahaan dapat dengan mudah mengumpulkan reaksi konsumen terhadap rancangan mobil baru, tata letak interior rumah, eksterior rumah, dan tawaran potensial yang lainnya (Philiph Kotler).

Cara Kerja dari Sistem Virtual Reality
Cara kerja sistem virtual reality pada prinsipnya adalah seperti berikut. Pemakai melihat suatu dunia semu, yang sebenarnya berupa gambar-gambar yang bersifat dinamis. Melalui perangkat headphone atau speaker,pemakai dapat mendengar suara yang realistis. Melalui headset, glove dan walker,semua gerakan pemakai dipantau oleh sistem dan sistem memberikan reaksi yang sesuai sehingga pemakai seolahmerasakan sedang berada pada situasi yang nyata, baik secara fisik maupun secara psikologis.

Nerve Gear
 
Nerve Gear merupakan teknologi yang diharapkan bagi implementasi Virtual Reality dibidang hiburan khususnya Gameing. Bagi pecinta anime, pasti sudah tidak asing dengan namanya Nerve Gear, sebuah alat yang memungkinkan player untuk dapat melakukan FullDive ke dalam game atau dengan kata lain player dapat masuk ke dalam game tersebut.
 



 
Konsep dari Nerve Gear itu sendiri adalah mengalihkan kesadaran player dengan menggunakan sejenis gelombang yang akan dipancarkan Nerve Gear ke otak player. Gelombang ini yang nantinya akan merangsang penggunaan kelima indra si player supaya ia bisa menggerakan tubuhnya secara bebas di dalam game tersebut.  Selain itu, Nerve Gear juga memblokir setiap transmisi dari otak ke tubuh dan juga sebaliknya, sehingga player tidak bisa merasakan apa-apa dari dunia nyata
 
 
Nerve Gear pertama kali dimunculkan di sebuah anime bernama Sword Art Online. Anime ini bercerita pada tahun 2022, seorang ilmuan berhasil menciptakan sebuah alat bernama Nerve Gear yang membuat penggunanya dapat masuk ke dalam sebuah game VRMMO ( Virtual Reality Massively Multiplayer Online) bernama Sword Art Online. Namun setelah game tersebut dimainkan, player yang ada di dalamnya tidak bisa logout dari game tersebut dan jika ada seseorang dari dunia nyata mencoba untuk  mencabut Nerve Gear dari kepala player maka Nerve Gear akan memancarkan gelombang yang dapat merusak otak manusia. Selain itu, jika player mati di dalam game maka orang tersebut juga akan mati di dunia nyata.  Satu-satunya cara supaya bisa logout adalah dengan mengalahkan boss di level 100.

Oculus Rift

Jika kita tadi membahas tentang teknologi yang masih belum dapat di implementasikan sekarang kita akan membahas teknologi VR yang sudah ada dan telah diimplementasikan pada dunia gameing yaitu Oculus Rift. Oculus Rift memang sebuah alat yang dikhususkan bagi para pecinta game. Oculus Rift terdapat dua lensa, satu untuk setiap mata, yang mengarah pada layar LCD tunggal. Layar itu memberikan dua gambar terpisah, satu untuk masing-masing mata, sehingga pengguna mendapatkan stereoscopic 3-D.

Dalam situsnya dikatakan Occulus menggunakan teknologi yang memungkinkan pengguna melewati dunia maya seperti di kehidupan nyata dan menciptakan pengalaman alami dan intuitif. Namun, untuk dapat memainkan game di Oculus Rift dibutuhkan PC gaming yang berkemampuan besar pada saat ini. Oculus Rift dibanderol dengan harga $200 - $400 harga yang cukup murah bukan.
 

Sony HMZ-T2

Selain Oculus, perusahaan sony juga membuat sebuah alat virtual reality bernama Sony HMZ-T2 Personal 3d Viewer. Alat yang di khususkan untuk para maniak film dan maniak game. Cara kerjanya hampir sama dengan Oculus Rift namun HMZ-T2 memiliki kelebihan pada saat menonton film. Untuk memiliki alat ini anda harus merogoh kocek lebih dalam pasalnya alat ini dibanderol dengan harga £999/unit

Jadi, dengan melihat pesatnya perkembangan teknologi sekarang maka sangat memungkinkan untuk hadirnya Virtual Reality lain atau bahkan Nerve Gear sekalipun. Masa depan adalah pintu yang terbuka lebar untuk teknologi-teknologi semacam itu.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;