Kamis, 26 September 2013

Penggunaan Bahasa Indonesia


Faktor-faktor penunjang untuk menjadi pandai menulis :
  • Ragam Bahasa
  • Ejaan
  • Diksi
  • Kalimat
  • Alinea & Pembangunya
  • Kerangka Karangan
  • Kutipan & Catatan kaki
  • Abstraksi & Daftar Pustaka
Tujuan
Agar mampu menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Baik secara lisan dan terutama sebagai sarana pengungkapan gagasan ilmiah.

Pertanyaan
Apakah dengan faktor-faktor di atas, tujuan dari faktor tersebut akan terpenuhi ?

Naratif :
Secara teori faktor-faktor diatas dapat membuat kita menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, tetapi dalam penerapannya tidak 100% berhasil karena dalam kehidupan sehari-hari hampir mayoritas masyarakat menggunakan bahasa yang tidak baku apalagi dikalangan remaja. Mereka lebih sering menggunakan bahasa tidak baku yang biasa disebut bahasa gaul. Maraknya penggunaan bahasa gaul ini secara tidak langsung mempengaruhi penguasaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Dampak dari bahasa gaul yang paling terlihat adalah gaya hidup, entah itu cara berpakaian, cara bertutur kata, cara belajar, aplikasi teknologi yang makin maju dan lain-lain. Gaya hidup yang mengarah pada modernisasi tersebut biasanya tampak terlihat pada kalangan masyarakat (remaja) yang berada pada jenjang pendidikan SMA sampai Perguruan Tinggi. Mereka yang ingin diakui sebagai remaja jaman sekarang yang gaul, funky, keren tidak ragu untuk menunjukkan identitas mereka melalui gaya hidup yang modern. Alhasil sebagian besar mahasiswa yang menjalani skripsi mengalami kesulitan dalam menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar di karenakan kebiasaan mereka menggunakan bahasa yang tidak benar dalam kehidupan sehari-hari mereka. 

Maka dari itu sebaiknya penggunaan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar dikalangan pelajar digunakan secara intensif, karena Bahasa Indonesia merupakan Bahasa Nasional yang artinya bahasa tersebut merupakan bahasa pengantar sehari-hari. Seharusnya para orangtua mengajarkan pada anak-anaknya sejak dini,sehingga anak lebih memahami penggunaan Bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.  Kita mempelajari faktor-faktor diatas sejak SMA, SMP bahkan SD tetapi jika kita hanya mempelajarinya dan tidak menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari maka faktor-faktor diatas menjadi tidak ada artinya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;