Kamis, 02 Mei 2013

A Simple Survey


Hello, hello. Welcome.
I’m sure you all had your own reasons for coming here, but try to be patient. You may be short a few credits or you may have gotten a bit too wild at the new student party. I can think of all sorts of reasons, but let’s set that aside. It’s not very interesting.
Whatever it was, this will get it written off.
Your suspension will be removed and you will get the proper credits, so this is great for you.

Hm?
You want to know what we’ll be doing?
Don’t worry. It won’t be physical labor like cleaning every university toilet with your tongues. It’s a survey. Just a quick survey. As you could probably guess from the fact that I gathered you here in the auditorium, I will be using a projector to show you some things on the large screen behind me.
What will I be showing? Just some short films.
Okay, then. Has the printout made it around to everyone? Then read it. You understand now, right? Reading that should tell you everything.
I will be playing a few short films.
You need to assign the short films numbers ranking them in order of your preference.
No two can have the same number.

You can change a number as many times as you like after writing it.
As long as you end up with the short films ranked in order of your preference, it’s fine.
Okay, that’s it.

Simple, isn’t it? This will get you your first term credits, so it’s a good deal for you.
And now, let the survey begin.

A Simple Survey adalah light novel yang ditulis oleh Kamachi Kazuma dan diilustrasikan Kaimura Kiyotaka. Mungkin kalian lebih mengenal dua orang ini sebagai pencipta novel To Aru Majutsu no Index dan spinoffnya, To Aru Kagaku no Railgun.

Daripada dikatakan sebuah light novel, A Simple Survey lebih tepat disebut sebuah antologi cerpen. Ada sekitar 24 cerita lepas yang memiliki premis dan topik berbeda. Setelah cerita ke-12, kalian dapat mengambil break sebelum melanjutkan membaca sisa cerpen di buku ini. Kenapa? Karena ini adalah sebuah survei. Di akhir antologi, kalian akan diberikan sebuah lembar isian. Singkatnya, lembar tersebut akan menanyakan cerita yang kalian suka diantara dua cerita.

Dimulai dari satu pertanyaan, kalian harus memilih satu cerita yang paling kalian sukai. Apapun jawabannya, kalian akan dibawa ke pertanyaan selanjutnya dengan topik sama, namun ceritanya berbeda tergantung jawaban kalian. Pola ini terus berulang hingga mencapai pertanyaan terakhir.

Untuk apa sebenarnya survei ini? Menurut sang dosen, survei ini hanyalah survei biasa untuk mengetahui kepribadian setiap peserta, namun ada beberapa kejanggalan yang ditemukan oleh para peserta.

Tergantung jawaban survei kalian sebelumnya, kalian akan disuguhkan empat konklusi dari tujuan survei ini. Keempat konklusi ini masing-masing akan dibawakan dari sudut pandang empat mahasiswa bernama Aisu, Harumi, Hotaru, dan Kozue. Apa sebenarnya misteri dari survei ini? Jawabannya tak akan kalian ketahui sebelum kalian mengerjakan surveinya.

Antologi cerpen ini tampii dengan tidak biasa. Dengan penekanan pada survei, Kamachi Kazuma menciptakan interaksi antara penulis dan pembaca yang tidak biasa. Pembaca memiliki kebebasan untuk menentukan cerita kesukaan mereka, yang nantinya akan berujung menjadi ending berbeda. Seperti yang dikatakan dosen itu, semua orang dipastikan akan memiliki hasil yang berbeda... kecuali jika mereka mencontek. Saya sarankan agar kalian membaca novel ini sambil mengerjakan suveinya agar kalian dapat langsung membandingkan cerita-ceritanya.


(Survei ini membutuhkan partisipasi pembaca, mohon siapkan alat tulis dan kertas.)

Volume 1

Read | Download

Volume 2
Read

0 komentar:

Posting Komentar

 
;